Laman

Senin, 09 Februari 2009

Nyadap karet dan ngelimbang....

waktu aku umur 10tahun, aku sempet tinggal didaerah pelsosok yang kampung bangeeet...
rumah sepi, yang ada cuma hutan melulu, membosankan dan menyebalkan..
but, jujur aja masa dikampung adalah salah satu bagian dari hidup ku yang indah,
karena disana ada banayak hiburan yang lebih mengasikan dari sekedar vidio game, atau komputer...
kegiatan wajib ku waktu disana adalah, bangun pagi sekitar pukul 4..langsung lari ke hutan karet bareng temen2 kita nyadap karet:caranya kita belah pohon karet ngikutin alur tertentu, nah getahnya entar ngalir kita tampung, klo dah penuh jual dapet duit...
matahari dah agak naik, itu tandanya aku mesti lari pulang, mandi terus langsung go ke sekolah,(aslinya sih jarang banget mandi)....disekolah aku menjadi anak yang pendiam, sering banget ngelamun, pernah waktu lagi hujan aku ngelamun ngelihatin air yang menetes di kisi-kisi genteng, aku mikir itu air dari mana ya...?pasti jauh banget perjalanannya, mesti lewat sungai yang panjang...capek gak ya..?
but, any wat...itu dah jadi hobi ku, jadi sebeum bobok aku mesti ngelamun(bukan ngelamun yang jorok loh)...
bel pulang bunyi, aku lari kerumah (jarak rumah ku dan sekolah ku deket banget loh, sekitr 400m) nyampe rumah ganti baju, ngambil kuali bekas n tancap gas ke salah satu pertambanagn timah tradisional yang berada tepat di samping sekolahan ku. pertambanagan itu luas banget, gak ada pohon gersang , bekas galian disana sini, bolong-bolong terisi air setengah penuh.
aku kepinggir kali tempet aku biasa ngambil timah..tanah diangkat ke kuali, trus dibersihin pake air sambil digoyang-goyangoin, nah waktu pasirnya bersih entar endapan timahnya kesisa, yang kami lakuin nih biasanya di sebut ngelimbang...
dari siang ampe sore, bermandikan teriknya mata hari aku ngelimbang....saat langit mulai itu tandanya aku harus angkat kaki dan pulang. sebelum pulang biasanya aku ketempet wak abas dan menjual habis timah yang dah kucari sedari siang tadi...
sampe rumah aku manid ganti baju, terus makan..setelah makan aku lari kehutan karet, ngambil ember-ember penuh getah karet, yang aku tinggalin sebelum ke sekolah. tak jarang aku harus kecewa, melihat getah yang mengalir sedikit, atau tak jarang juga ember-emberku diambil orang yang sama-sama menyadap karet di hutan itu, sepulang dari hutan karet, aku belajar..langsung mimpi indah di ranjang, setahun lebih aku melakukan kegiatan yang itu-itu melulu..hingga akhirnya kami sekeluarga pindah ke kota (ya setidaknya bisa dikatakan kota)...
kehidupan sederhana, penuh perjuanagn yang dulu sempat kurasakan, telah menempa ku untuk menjadi orang yang peduli, dan berkerja keras..
kita harus memaksimalkan apa yang telah diberikan tuhan kepada kita, dan tidak menyia-nyiakannya...
karna, kerja keras adalah awal keberhasilan....

2 komentar:

dara chubby mengatakan...

ya, ampun lah kayak laskar pelangi..

dara chubby mengatakan...

cerita ka lah kayak laskar pelangi. betewe, "d" yang ka maksud tu cuma temen kok sama "3". santai bro...

Posting Komentar